6 Langkah Membuka Usaha Sewa Kost

Apakah Anda berniat membuka bisnis sewa kost? Apakah ini pertamakali bagi Anda menjalankan usaha ini? Jika iya maka Anda perlu mengikuti tips-tips di bawah ini :

Tentukan Sasaran Penyewa

Sebelum Anda mulai membangun rumah untuk usaha sewa kost, Anda harus paham betul untuk siapa kamar-kamar di dalam rumah tersebut nantinya di sewakan apakah untuk para pekerja, mahasiswa atau untuk keduanya.

Anda perlu mengetahui sasaran Anda agar bisa memutuskan di mana nantinya Anda harus membangun rumah kost tersebut, berapa biaya sewa yang selayaknya Anda berikan, fasilitas apa saja yang ada di dalamnya dan apa saja peraturan yang akan Anda buat untuk para penghuni kost.

Pilih Lokasi yang Strategis

Jika Anda sudah menentukan sasaran penyewa Anda sekarang saatnya bagi Anda untuk menentukan lokasi rumah kost yang akan Anda bangun. Jika sasaran Anda adalah mahasiswa tentu saja dirikanlah rumah kost di dekat kampus, jika pekerja maka dirikanlah di dekat pusat perkantoran atau pabrik.

Bagaimana jika sasaran penyewa Anda adalah keduanya? Maka Anda harus paham mana yang kira-kira memiliki banyak pendatang apakah para mahasiswa lebih banyak pendatang atau para pekerja yang lebih banyak pendatang.

Jika para pendatang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa maka pilihlah lokasi yang lebih dekat dengan area kampus begitu pula sebaliknya.

Selain memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kerja, usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan jalan raya yang dilewati oleh transportasi umum. Jika tidak bisa mendapatkan lahan di pinggir jalan raya, pilihlah lokasi di tempat yang banyak pusat perbelanjaan dan kuliner.

Tentukan Fasilitas Kamar

Langkah selanjutnya setelah rumah kost sudah jadi dan siap diisi, tentukan fasilitas kamar yang akan Anda berikan untuk para penyewa. Apakah Anda hanyakan menyewakan kamar kosong atau kamar beserta isinya. Jika hendak menyewakan kamar dan isinya, tentukan apa saja isi tersebut.

Kasur dan lemari pakaian, tentu saja wajib. Lalu harus diisi dengan apalagi kamar kost tersebut? Kembali lagi tentukan dengan sasaran penyewa Anda jika sasaran Anda adalah mahasiswa maka Anda perlu menyediakan meja dan kursi belajar serta rak buku.

Buat Peraturan Kost

Ini yang paling penting, Anda harus benar-benar memikirkan peraturan kost yang bukan hanya menguntungkan bagi Anda tetapi juga menguntungkan para penghuni kost. Buatlah peraturan yang membuat mereka tertib dan tetap betah untuk menyewa kamar kost di tempat Anda.

Untuk membuat peraturan kost, lagi-lagi Anda harus melihat sasarah penyewa Anda apakah untuk mahasiswa atau pekerja.

Jika Anda membuka usaha sewa kost untuk mahasiswa maka Anda bisa membuat peraturan jam malam yang dibatasi. Namun  jika sasaran Anda adalah pekerja maka sebaiknya Anda jangan membatasi jam malam,  karena para pekerja itu bisa jadi bekerja dengan sistem shift.

Anggap Para Penyewa Sebagai Anak dan Saudara Anda

Kekeluargaan adalah hal paling penting untuk membuat para penghuni kost merasa nyaman. Perlakukanlah para penghuni kost seperti anak atau saudara Anda sendiri agar mereka betah untuk terus tinggal di sana.

Jika Anda berniat untuk mempekerjakan orang lain untuk mengurus usaha sewa kost yang Anda miliki, maka pilihlah seseorang yang sekiranya ramah dan supel terhadap orang lain khususnya para mahasiswa dan pekerja.

Promosikan Sewa Kost Anda

Jika semua poin di atas sudah Anda jalankan kini saatnya untuk mempromosikan jasa sewa kost Anda. Di era digital seperti saat ini orang-orang lebih banyak mengakses informasi melalui internet dan enggan untuk mencari secara langsung ke lokasi. Oleh karena itu promosikan saja kamar kost yang Anda sewakan di https://sewakamar.id jika Anda mempromosikan kamar kost Anda melalui website tersebut maka iklan Anda akan dilihat oleh orang-orang dari seluruh penjuru Indonesia.